Lapbook, apa dan bagaimana?

lapbook 5

Lapbook adalah media belajar kreatif tematik/unit study. Lapbook digunakan untuk belajar mengenai suatu tema tertentu dan dikemas menjadi sebuah proyek. Membuat lapbook akan menjadi waktu yang sangat menyenangkan bersama dengan anak-anak, karena di dalam proses pengerjaan proyek itu kita bisa mempelajari suatu tema tertentu jauh lebih dalam dan detail dan dikerjakan bisa selama beberapa hari dengan banyak variasi aktivitas. Bukan itu saja, disana kita melatih anak mengomunikasikan apa yang telah mereka pelajari menjadi suatu hasil karya.

Membuat lapbook melibatkan banyak kegiatan, seperti membaca, menggunting, mengelem, menggambar, menulis, mencetak (printing gambar dr internet), memanfaatkan barang bekas dan lain sebagainya. Bagi anak-anak saya yang suka belajar dg melihat gambar,banyak gerak, membuat lapbook menjadi suatu hal yg menyenangkan tetapi sekaligus menantang karena menuntut ketahanan anak dalam mengerjakan sesuatu sampai selesai. Bahkan kami sering menggunakan lapbook menjadi alat untuk mengevaluasi sejauh mana pemahaman anak tentang topik yang sudah mereka pelajari. Setelah selesai, mereka bisa menceritakan hasil karyanya kapada kami orangtua. Bahkan anak kami yg lebih besar menggunakan lapbooknya untuk bercerita, bermain kepada adiknya, yang sebenarnya ketika mereka melakukan hal tersebut, tanpa disadari mereka sudah belajar berulang-ulang dan menjadi jauh lebih paham tanpa harus dipaksa menghafalkan.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Slideshow di atas adalah lapbook Kitab Kejadian. Lapbook pertama yang dibuat anak-anak kami, saat mereka masih tk bersama mama. Sampai hari ini mereka masih sering membaca ulang lapbook tersebut, karena penuh dg gambar, bisa untuk bermain yang sangat menarik untuk anak-anak.

Ketika anak kami sudah lebih besar, mereka mulai belajar memilih gambarnya sendiri, menuliskan ceritanya sendiri, dan berkreasi. Orangtua mendampingi dan membantu memberikan solusi untuk kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan anak saat membuat proyek tersebut. Bisakah anak mulai lelah dan bosan mengerjakannya? Tentu saja bisa, disitulah peran besar orangtua untuk membantu anak homeschooling menjadi anak yang memiliki ketahanan bekerja sampai selesai, tekun, dan punya kemampuan dan kesenangan belajar mandiri.

Anda bisa membuat lapbook untuk banyak topik lainnya bersama anak-anak. Bahkan jika anda memiliki anak lebih dari satu, lapbook ini bisa dibuat bersama-sama karena lapbook menggunakan unit study/topik tematik. Anda tinggal membantu mengarahkan bagian mana untuk si kecil dan bagian mana untuk kakak. Di bawah ini beberapa lapbook yang Shine dan Sophie buat saat menggali kebenaran Alkitab:

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s