Belalang ke Banjarmasin (Agustus 2018)

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Keluarga kami mendapat kesempatan untuk belalang (istilah kami untuk belajar dan bertualang) ke Banjarmasin.
Kami sangat antusias, ada beberapa hal yang anak-anak harus rekam dan catat sebagai jurnal pengenalan mereka akan kota ini.

Anak-anak sangat senang melihat ikon patung Bekantan, kera belanda yang unik dengan hidung panjangnya…sangat ingin jika ada kesempatan bisa melihat Bekantan yang asli. Mereka juga membeli gantungan kunci sebagai dukungan untuk menyelamatkan Bekantan dari kepunahan.

Kami juga tualang ke kampung pemukiman di bantaran sungai Martapura, juga melihat dan berinteraksi dengan penjual-penjual di pasar apung. Untuk pengalaman terakhir cukup melelahkan karena harus berangkat pukul 5 subuh waktu Banjar. Tapi anak-anak sangat menikmati pengalaman tersebut.

Tak lupa kami juga menikmati makanan-makanan khas banjar khususnya hasil sungai mereka seperti gurih manis ikan patin yang minyaknya bagus karena mengandung omega 3. Udang galah yang besar-besar, beli 1 kg hanya dapat 4 udang, masak sendiri sehingga puas menikmatinya.

Pada kesempatan belalang ke Banjar ini, kami berinteraksi dengan budaya yang baru. Mencoba beberapa kosakata bahasa Banjar, menyelami pola kehidupan yang berpusat di sungai, dll

Kami selalu bersyukur kepada Tuhan tiap kali dapat belalang khususnya ke daerah di Indonesia. Melihat keindahan dan keragaman ciptaan-Nya. Bangga pada Indonesia yang menyimpan banyak pemandangan dan budaya yang menakjubkan. Sebagai orang tua kami menikmatinya, anak-anak kami juga. Bagi kami ini penting, di tengah kecenderungan anak-anak sekarang yang begitu membanggakan wisata ke luar negeri dan meremehkan wisata dalam negeri, maka ini waktunya kami mendorong keluarga-keluarga untuk belalang ke seluruh daerah Indonesia dan sila terkagum-kagum dengan keindahannya.
Di bulan kemerdekaan Indonesia ini, kami berharap keluarga-keluarga Indonesia merdeka dari sikap meremehkan keindahan bangsanya sendiri. Indonesia ini menakjubkan…

Banjarmasin
Agustus 2018, menjelang kemerdakaan RI ke-73

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s